Riset Pasar Dan Konten Strategi Marketing

BAB 2 DIGITAL MARKETING

Nama: Nisfullaili Hidayati

Nim:222010200025

Dosen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M

Prodi: Manajemen

Fakultas: FBHIS

Universitas: Muammadiyah Sidoarjo


RISET PASAR



Riset pasar adalah proses yang membantu keputusan bisnis. Ini melibatkan pengumpulan, pencatatan, dan analisis data yang berisi informasi secara sistematis tentang pelanggan, pesaing, dan pasar.


KONTEN STRATEGI MARKETING




konten adalah segala sesuatu yang dapat membantu melibatkan pengguna akhir produk atau layanan. Ini dapat dikonsumsi baik di dalam maupun di luar situs web dan dalam media apa pun yang mampu menyampaikan pesan (sehingga jangkauannya jauh lebih luas daripada sekadar kata-kata tertulis). 

4 tahapan kunci untuk membuat konten strategi marketing adalah:

1.Tujuan dan Strategi

tujuan dan strategi harus dimulai dengan apa yang ingin dicapai oleh bisnis.

  1. Konten fungsional: ini adalah konten yang ada di situs Anda dan menjalankan peran yang sangat fungsional, biasanya untuk membantu Anda menjual produk/layanan Anda. Contoh yang bagus adalah deskripsi produk atau ulasan pengguna
  2. Konten yang menarik: ini adalah konten yang biasanya digunakan untuk mengkomunikasikan informasi kepada audiens target Anda dengan cara yang menarik. 

2. Analisis data dan Kelompok sasaran

ada juga sejumlah titik/alat data lain yang patut dipertimbangkan terlebih dahulu:

  1. Pedoman merek: sebagian besar perusahaan besar memiliki pedoman merek dan pemasar konten yang baik mengetahuinya secara mendalam.
  2. Analisis pesaing: apa yang dilakukan pesaing Anda? Intelijen pasar ini penting karena sejumlah alasan
  3. Wawancara pelanggan/kelompok fokus/survei: tanyakan kepada pelanggan Anda konten apa yang mereka konsumsi, di mana dan mengapa. Tanyakan juga apa yang mereka inginkan.
  4. Analisis: manfaatkan analisis Anda sendiri untuk memastikan konten paling berharga yang sudah Anda miliki.A
  5. Analisis kata kunci: dengan menggunakan Pengoptimal Kata Kunci Google, atau alat pihak ketiga lainnya seperti Moz (Moz.com)

3. Membuat ide

Pembuatan ide dapat dilakukan dengan metode Brainwriting yang memungkinkan sebuah kelompok kecil (enam peserta dan seorang moderator) untuk menciptakan 108 ide hanya dalam satu sesi. Setelah memikirkan ide masing-masing, Ide-ide kemudian dengan cepat disaring untuk menghilangkan duplikat dan kemudian kelompok memutuskan ide-ide terbaik untuk dikembangkan lebih lanjut.

4. Penciptaan dan perencanaan

Setelah memutuskan tema konten luas yang ingin Anda buat, sekarang saatnya merencanakan pembuatannya. Baik konten tersebut akan dibuat sendiri atau oleh agensi, diperlukan ringkasan yang terperinci.


 RISET PRODUK 

Riset produk biasanya dilakukan ketika konsumen sedang membutuhkan suatu produk.

Riset produk dilakukan untuk mencari tahu segi keunggulan produk, keunikan atau kebutuhan mereka. Setelah melakukan riset produk mereka biasanya membandingkan dengan merek lain. 

Misalnya dari segi harga atau kualitas. Mereka juga akan menimbang mana yang lebih untung untuk membeli produk A atau B.


RISET KATA KUNCI

Riset kata kunci adalah tentang memahami bagaimana calon audiens kita melakukan pencarian sehingga kita mengetahui frasa pencarian apa yang perlu kita rangking. Setelah kita melakukan ini, kita perlu melihat cara memasukkan kata-kata tersebut ke halaman kita. Beberapa tantangan sehari-hari yang akan dihadapi dalam riset kata kunci paling baik ditunjukkan dengan memberikan contoh. saart saya menjalankan agen pencari, kami mempunyai klien rekrutmen besar yang penjelasan dasarnya adalah: 'Kami ingin menjadi nomor satu untuk kata “pekerjaan”.' Apa yang pada dasarnya mereka minta adalah menjadi nomor satu dari sekitar 3,6 miliar halaman.

Pengoptimalan Pada Halaman

Sejauh ini kita telah menjelajahi topik spider mesin pencari dan penelitian kata kunci. Ini berarti kami telah memastikan bahwa laba-laba pencarian dapat mengakses halaman web kami dan kami telah mengidentifikasi kata-kata yang kami cari. ingin mencapai peringkat untuk. Tahap selanjutnya adalah memasukkan kata-kata ini ke halaman kita. Pengoptimalan pada halaman adalah tentang mendapatkan kata-kata yang tepat pada halaman, di tempat yang tepat. Kami telah mengidentifikasi kata-kata yang tepat selama fase penelitian kata kunci, dan sekarang kami perlu menempatkannya di tempat yang tepat. Ini sebenarnya adalah proses yang cukup mudah dan hanya masalah melihat elemen inti halaman dan memperhitungkan kata dan frasa kita.

Kesimpulan

Riset pasar adalah pengumpulan dan analisis data untuk tujuan memahami pasar dan membuat keputusan bisnis. Informasi dapat dikumpulkan tentang pelanggan, pesaing, dan pasar.survei dan paket analisis web ideal untuk mengumpulkan data kuantitatif. Alat anlisis dan laporan online memainkan peran besar dalam menyediakan data yang membantu pemasar dalam mengambil keputusan. Meskipun hal ini merupakan taktikp pemasaran digital dan akan dibahas nanti dalam buku ini, perlu diingat bahwa hal ini jugaemberikan informasi yang dapat dijadikan masukan bagi penelitian yang dilakukan untuk tujuan tertentu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISTRIBUSI DAN PROMOSI PRODUK

PROPOSAL KONSULTASI

DATA ANALYSIS