TEKNIK PENULISAN DIGITAL DAN PENGELOLAAN HUBUNGAN PELANGGAN

BAb 3

TEKNIK PENULISAN DIGITAL DAN PENGELOLAAN HUBUNGAN PELANGGAN


Nama: Nisfullaili Hidayati

Nim:222010200025

Dosen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M

Prodi: Manajemen

Fakultas: FBHIS

Universitas: Muammadiyah Sidoarjo

 TEKNIK PENULISAN DIGITAL

teknik penulisan digital dan Pengelolaan hubungan pelanggan (CRM) memiliki hubungan erat dalam konteks pemasaran konten dan komunikasi dengan audiens.

Pengenalan Frase Kunci

Riset frasa kunci adalah elemen penting dari copywriting digital. Setelah mengidentifikasi tema halaman web Anda, riset kata kunci harus digunakan untuk mengidentifikasi frasa apa yang digunakan audiens target Anda saat mencari Anda.


HTML



HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, dan merupakan dasar dari dokumen di web. Tag HTML memberi tahu browser cara menyajikan konten. Tag HTML ada di dalam tanda kurung yang bentuknya seperti panah: < >


Seorang copywriter digital yang baik juga akan dapat menggunakan HTML dasar untuk menata salinan, mengetahui bahwa tampilan halamanlah yang akan membuat kata-katanya dibaca. Seharusnya mudah bagi pengguna untuk melewati dan membaca sekilas salinannya, dan harus mudah bagi mereka untuk menemukan bagian yang paling relevan bagi mereka.



Jenis Salinan Web

Baik panjang atau pendek, tujuan konten adalah untuk mengkomunikasikan pesan. Berdasarkan sifatnya, komunikasi menyiratkan baik pesan yang dimilikinya telah diterima dan dipahami. Untuk mengkomunikasikan pesan yang dimaksudkan secara efektif, konten harus:

  • Jelas dan ringkas

  • Mudah dibaca

  • Ditulis dengan baik

  • Terstruktur dengan baik


Konten yang ditulis untuk web dapat dibagi menjadi dua kategori besar, salinan panjang dan salinan singkat (pendek).


Penulisan salinan SEO


Copywriter SEO perlu mengetahui cara memadukan kata kunci ke dalam konten mereka serta mengetahui cara menggunakannya bersama dengan tag HTML dan Meta Data. Selain membantu Anda menyusun konten, tag ini menunjukkan relevansi dan konteks dengan mesin telusur.



Praktik Terbaik untuk Copywriting Online

  • Tata letak dan Keterbacaan

Salinan online dinilai pada pandangan pertama, tidak hanya berdasarkan konten, tetapi yang pertama dan terutama berdasarkan tata letaknya. Itu harus terlihat mudah dibaca oleh pengguna akan memilih untuk membacanya.

Salinan digital harus mudah dipindai. Ini berarti memanfaatkan:

  1. Judul yang jelas dan ringkas
  2. Daftar berpoin dan bernomor
  3. Paragraf pendek
  4. Tebal dan miring
  5. Tautan deskripti

  • Bahasa

Telah dikatakan bahwa prinsip dasar menulis yang baik masih berlaku secara online. Namun, karena perhatian audiens Anda terbatas dan terkadang terbagi, yang terbaik adalah membuatnya tetap sederhana dan menyesuaikan bahasa Anda dengan audiens Anda. 

  1. Nada
  2. Suara Aktif vs Pasif
  3. Neologisme dan Kata Kunci
  4. Fitur dan Keuntungan

  • Logika
  • Struktur salinan online dapat dibandingkan paling mirip dengan struktur artikel surat kabar. Judul, biasanya berisi informasi paling penting dalam sebuah berita, didahulukan. Saat online, pengunjung perlu memutuskan dengan cepat apakah akan membaca suatu halaman atau tidak. Oleh karena itu, informasi terpenting harus ditempatkan di bagian atas halaman. 

    Hierarki Informasi:

    1. Pemimpin Berita

    2. Fakta-fakta kunci

    3. Detail yang paling tidak penting


Sistem CRM

Ada banyak sistem CRM di pasaran saat ini dan sistem tersebut terus ditingkatkan dan menjadi lebih canggih. Perangkat lunak itu sendiri tetap menjadi bagian penting dari keseluruhan strategi, namun menerapkannya dan menggunakannya dengan benar juga sama pentingnya. Fitur-fitur yang Anda harapkan dari perangkat lunak CRM Anda adalah sebagai berikut, meskipun pentingnya masing-masing fitur akan bergantung pada prioritas strategi Anda:


  • Otomatisasi dukungan pelanggan

  • Otomatisasi pemasaran

  • Reporting

  • Otomatisasi tenaga penjualan

  • Dukungan pusat kontak


Tujuan dari strategi CRM yang efektif adalah untuk memastikan bahwa pelanggan Anda merasa mendapatkan nilai uang dan memiliki hubungan positif dengan merek Anda. Akibatnya mereka harus berpikir keras sebelum pergi ke tempat lain. Hal ini tidak hanya menghasilkan peningkatan tingkat retensi tetapi juga memungkinkan Anda menaikkan harga tanpa memengaruhi tingkat retensi yang ada karena pelanggan menyadari pentingnya tetap menggunakan merek Anda. Prinsip inti CRM semuanya berkaitan dengan menciptakan hubungan yang cemerlang dengan pelanggan Anda dan prinsip tersebut dapat dipecah sebagai berikut:


  • Frekuensi

  • Ketepatan Waktu

  • Ketepatan

  • Relevansi

  • Personalisasi

  • Nilai


Kesimpulan

Penggunaan Teknik Penulisan Digital yang efektif merupakan kunci untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dengan memanfaatkan strategi penulisan yang relevan, menarik, dan berorientasi pada pelanggan, serta mengelola hubungan pelanggan dengan baik melalui berbagai saluran komunikasi digital, perusahaan dapat meningkatkan keterlibatan, loyalitas, dan kepuasan pelanggan secara signifikan






Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISTRIBUSI DAN PROMOSI PRODUK

PROPOSAL KONSULTASI

DATA ANALYSIS