DATA ANALYSIS
Bab 9
Nama: Nisfullaili Hidayati
Nim:222010200025
osen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M
Prodi: Manajemen
Fakultas: FBHIS
Universitas: Muammadiyah Sidoarjo
Definisi
Definisi data analysis dalam branding digital adalah proses sistematis untuk mengumpulkan,
membersihkan, menganalisis, dan menafsirkan data guna mendapatkan wawasan yang berharga dalam pengambilan keputusan yang didasarkan pada fakta. Analisis data membantu organisasi untuk memahami perilaku konsumen, mengukur efektivitas kampanye pemasaran, mengidentifikasi tren pasar,serta meningkatkan interaksi dan kehadiran merek di dunia digital.
Behavior Data
Bagian penting dari analisis ini, dan sering diabaikan, adalah penelusuran internal. Pencarian internal mengacu pada pencarian yang dilakukan pengguna di situs web konten situs web. Meskipun banyak waktu yang dihabiskan untuk menganalisis dan mengoptimalkan penelusuran eksternal – menggunakan mesin telusur untuk menjangkau situs web yang dimaksud – menganalisis penelusuran internal sangat membantu dalam menentukan seberapa efektif situs web dalam memberikan solusi kepada pengunjung.
Segmentasi
Setiap pengunjung situs web berbeda-beda, namun ada beberapa cara untuk mengkarakterisasi kelompok pengguna,
dan menganalisis metrik untuk setiap kelompok. Ini disebut segmentasi.
Beberapa segmen meliputi:
- URL RujukanPengguna yang mengunjungi situs Anda melalui mesin pencari, mereka yang mengetikkan URL secara langsung,dan mereka yang berasal dari link di artikel surat kabar online adalah semua cenderung berperilaku berbeda.
- Halaman Arahan Pengguna yang memasuki situs web Anda melalui halaman berbeda dapat berperilaku sangat berbeda.
- kecepatan koneksi, sistem operasi, browser
- Lokasi Geografis
Konversi
Sasarannya adalah pengguna melakukan sesuatu yang Anda ingin mereka lakukan. Itu bisa melakukan pembelian, mengisi formulir pembuatan prospek, mengklik iklan, mendengarkan podcast, atau banyak hal lainnya mungkin selaras dengan tujuan akhir bisnis Anda. Anda dapat menyiapkan sasaran ini dalam fungsi admin analitik, dan ada baiknya memahami berbagai jenis sasaran yang dapat Anda siapkan:
- URL tujuan – pengunjung membuka halaman tertentu. Seringkali halaman 'terima kasih', seperti 'terima kasih telah membeli''terima kasih telah mengunduh', dll. Kami tahu itu jika seseoran sampai ke salah satu halaman ini mereka telah melakukan tindakan dan kita dapat melacak ini sebagai tujuan.
- Durasi Kunjungan – Anda dapat memutuskan seseorang untuk tinggal di situs Anda selama jangka waktu tertentu menunjukkan hal tersebut menggunakan konten Anda: ini dapat membantu jika sasaran Anda adalah Kesadaran
- Peristiwa peristiwa adalah sesuatu yang terjadi dalam suatu halaman, misalnya seseorang mengeklik tautan ke situs web eksternal, atau mengisi kolom pada formulir. Kami juga dapat melacak hal-hal ini dalam suatu halaman, namun hal ini memerlukan kode tambahan untuk ditambahkan ke halaman web Anda untuk setiap peristiwa yang Anda lacak.
Alat Perdagangan
Hal pertama yang Anda perlukan dalam analisis web adalah analisis web alat untuk mengumpulkan data. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.
Ingatlah bahwa berpindah vendor dengan perangkat lunak analisis file log dapat dilakukan tanpa kehilangan data historis, namun hal ini tidak mudah dilakukan dengan perangkat lunak penandaan halaman.
Berikut adalah beberapa penyedia terkemuka :
- Google Analysis (Analisis Pendalaman Laman)
- ClickTracks ( Analisis file log)
- Webalizer ( Analisis File Log)
- SiteCatalize
Mengukur nilai Konten
Di bawah adalah daftar metrik yang umum digunakan; mana yang Anda gunakan akan bergantung pada konten yang diukur dan
tujuan konten tersebut
- Volume dan Metrik JangkauanMetrik ini juga melihat volume titik kontak dengan audiens kuantitas sasaran yang didorong oleh kampanye/saluran. Contoh :Jangkauan Sosial Dan Pengikut (followers), Kesan,
- Metrik Keterlibatan Dan KonsumsiMetrik ini melihat kualitas interaksi dan diskusi pelanggan, serta bagaimana konten kampanye atau saluran dikonsumsi.Contoh : Interaksi Konten, Pemicu Sosial, Keterlibatan Sosial
- Akusisi dan Matrik Nilai
Metrik ini melihat perolehan lalu lintas serta keseluruhan penjualan dan metrik pendapatan:
● Berapa banyak konversi/prospek yang dihasilkan?
● Berapa volume penjualan dan pendapatan yang dapat diatribusikan?
● Berapa biaya perny
Komentar
Posting Komentar