MOBILE ENGAGEMENT
Bab 8
Nama: Nisfullaili Hidayati
Nim:222010200025
osen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M
Prodi: Manajemen
Fakultas: FBHIS
Universitas: Muammadiyah Sidoarjo
PONSEl
Ponsel adalah perangkat penting dalam strategi pemasaran.Keterlibatan seluler dapat merujuk pada penggunaan fitur komunikasi ponsel sebagai bagian dari strategi keterlibatan situsweb dan aplikasi seluler.Beberapa platform pesan dan informasi terpenting yang tersediabagi pemasar seluler adalah SMS, MMS, USSD dan bluetoothserta kemampuan saluran data yang memberikan layanan ini.
Teknologi seluler yang lebih baru, seperti aplikasi seluler, KodeQR, augmented reality memberi pemasar cara lebih lanjut untuk terlibat dengan seluler.
Pemasaran Menggunakan Fitur Telepon
yang dapat menjadi bagian dari kampanye pemasaran, antara lain:
● SMS
Hampir semua ponsel mendukung layanan SMS, dan inilah yang menjadikannya salah satu metode komunikasi terpopuler. Popularitas SMS
tidak terkena dampak negatif dari pertumbuhan media seluler lainnya (misalnya pesan instan,Facebook, Twitter, dan email). Kesederhanaan dan ketersediaan SMS menjadikannya metode pilihan komunikasi mobile.Bluetooth dan Inframerah Selain menggunakan jaringan seluler, banyak ponsel yang memiliki kemampuan
3G (Generasi Ketiga) dan Wi-Fi (Wireless Fidelity), serta kemampuan terhubung melalui Bluetooth. atau inframerah. Jika pengguna menyetel ponsel berkemampuan Bluetooth ke “dapat ditemukan”, Perangkat Bluetooth dalam jangkauan telepon dapat meminta untuk terhubung ke telepon dan bertukar
pesan dan data. Ini dapat digunakan untuk mengirim pesan pemasaran spesifik lokasi, seperti kode diskon di pusat perbelanjaan.
● MMS
Pesan layanan pesan multimedia (MMS) berisi grafik, audio, video, atau gambar dan
teks Pesan-pesan ini memungkinkan pengiriman informasi yang lebih kaya
menggunakan WAP namun biayanya jauh lebih tinggi.Pesan MMS sangat berguna
dalam kampanye viral, baik mendorong peserta untuk menggunakan ponsel mereka
untuk membuat konten (foto, audio, atau video) atau untuk menyebarkan konten.MMS Pesan layanan pesan multimedia (MMS) berisi grafik, audio, video, atau gambar dan teks Pesan-pesan ini memungkinkan pengiriman informasi yang lebih kaya menggunakan WAP namun biayanya jauh lebih tinggi.Pesan MMS sangat berguna dalam kampanye
viral, baik mendorong peserta untuk menggunakan ponsel mereka untuk membuat konten (foto, audio, atau video) atau untuk menyebarkan konten.
● USSD (Data Layanan Tambahan Tidak Terstruktur)
Dapat dilihat mirip dengan sesi di situs web. Layanan USSD dimulai Data layanan tambahan
tidak terstruktur (USSD) adalah sistem pesan alternatif selain SMS (layanan pesan singkat) dan
tersedia di sebagian besar jaringan GSM (Sistem Global untuk Komunikasi Seluler).oleh pengguna
yang memasukkan kode di ponselnya dan kemudian mengirimkannya sebagai permintaan ke jaringan.
Volume Pencarian Seluler
Google melaporkan bahwa volume penelusuran seluler global mereka meningkat sebesar 500% dalam 24 bulan hingga Mei 2010. Selanjutnya,
mereka melaporkan peningkatan penelusuran ponsel pintar sebesar 62% pada Q1 2010 dibandingkan dengan Q4 2009. Kita tahu bahwa volume penelusuran seluler tumbuh dengan kecepatan eksponensial.
Komentar
Posting Komentar