Marketing Processes And Consumer Behavior

 

Nama: Nisfullaili Hidayati

nim:222010200025

dosen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M

Prodi: Manajemen

Fakultas: FBHIS

Universitas: Muammadiyah Sidoarjo



Apa itu pemasaran?

American Marketing Association mendefinisikan pemasaran sebagai “kegiatan, serangkaian lembaga, dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas.”

Nilai dan Utilitas

 Untuk memahami bagaimana pemasaran menciptakan nilai bagi pelanggan, kita perlu mengetahui jenis manfaat yang diperoleh pembeli dari barang atau jasa suatu perusahaan. Manfaat tersebut memberikan pelanggan kegunaan, kemampuan suatu produk untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan seseorang.

 Empat jenis utilitas dengan cara berikut:

1.Formulir utilitas Pemasaran berperan dalam mendesain produk dengan fitur yang diinginkan pelanggan

.2.Utilitas waktu Pemasaran menciptakan utilitas waktu dengan menyediakan produk kapan pelanggan menginginkannya

3.Tempatkan utilitas Pemasaran menciptakan kegunaan suatu tempat dengan membuat produk mudah diakses dengan membuat produk tersedia Di mana pelanggan menginginkannya.

4.Utilitas kepemilikan Pemasaran menciptakan utilitas kepemilikan dengan mengalihkan kepemilikan produk kepada pelanggan dengan menetapkan harga jual, menetapkan ketentuan pembayaran kredit pelanggan, jika diperlukan, dan menyediakan dokumen kepemilikan

 Barang, Jasa dan Ide

1. Barang konsumen, barang berwujud yang didapat, konsumen membeli untuk penggunaan pribadi. Perusahaan yang menjual barang kepada konsumen untuk konsumsi pribadi terlibat dalam pemasaran konsumen, yang juga dikenal sebagai pemasaran bisnis-ke-konsumen (B2C)

2. Barang industri, barang fisik yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi produk lain.

3. Layanan, produk dengan fitur tidak berwujud (nonfisik), seperti saran profesional, informasi tepat waktu untuk pengambilan keputusan, atau pengaturan untuk liburan.

4. Mempromosikan ide, seperti “nilai-nilai yang menginspirasi” seperti yang terlihat dalam “Dorongan, Teruskan,” di YouTube dan dalam iklan televisi populer

Hubungan Pemasaran dan Manajemen Hubungan Pelanggan

Hubungan pemasaran adalah jenis pemasaran yang menekankan pada pembangunan hubungan jangka panjang dengan pelanggan Dan pemasok.

Manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah metode terorganisasi yang digunakan perusahaan untuk membangun koneksi informasi yang lebih baik dengan klien, sehingga manajer dapat mengembangkan hubungan perusahaan–klien yang lebih kuat.

Pergudangan data, pengumpulan, penyimpanan dan pengambilan data dalam file elektronik.

Penambangan data, menerapkan teknologi elektronik untuk mencari, menyaring dan mengatur ulang kumpulan data untuk mengungkapkan informasi yang berguna.

Mengembangkan proses pemasaran?

Konsep mengembangkan rencana pemasarandengan menggunakan analogi perencanaan perjalanan berikut:

1. Identifikasi tujuan atau sasaran yang akan dicapai.

2. Rencana untuk Kapan itu akan terjadi, dan untuk jalan setapak (atau rute) yang akan ditempuh untuk sampai ke sana.

3. Mengevaluasi sumber daya persyaratan dan ketersediaan.

4. Sesuaikan rencana sesuai kebutuhan untuk menjadi realistis dan bisa dilakukan.

5. Simpan catatan dan data tentang apa yang terjadi karena sedang belajar dari pengalaman ini meningkatkan peluang untuk kesuksesan yang lebih besar di masa mendatang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISTRIBUSI DAN PROMOSI PRODUK

PROPOSAL KONSULTASI

DATA ANALYSIS