MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK
Nama: Nisfullaili Hidayati
nim:222010200025
dosen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M
Prodi: Manajemen
Fakultas: FBHIS
Universitas: Muammadiyah Sidoarjo
Apa Itu Produk?
Dalam mengembangkan bauran pemasaran untuk produk apa pun, baik barang maupun jasa, pemasar harus mempertimbangkan apa yang benar-benar diinginkan pelanggan saat mereka membeli produk. Hanya dengan begitu, pemasar dapat merencanakan strategi secara efektif.
Paket nilai
Pelanggan masa kini memandang suatu produk sebagai kumpulan atribut, manfaat, dan fitur, yang jika digabungkan, para pemasar menyebutnya paket nilai. Pembeli makin berharap menerima produk dengan lebih banyak manfaat dan fitur dengan biaya yang wajar sehingga perusahaan harus bersaing berdasarkan paket nilai yang ditingkatkan.
Campuran produk
Campuran Produk adalah semua produk yang disediakan untuk dijual oleh suatu perusahaan, baik konsumen, industri, atau keduanya.Perusahaan sering memulai dengan satu produk, seperti kopi, namun kemudian mengembangkan lini produk dengan menambahkan variasi produk untuk memenuhi kebutuhan lebih banyak pelanggan.
Pengembangan produk merupakan proses yang panjang dan mahal, banyak perusahaan memiliki departemen penelitian dan pengembangan untuk mengeksplorasi kemungkinan produk baru.
Contoh : layanan streaming Netflix
Proses Pengembangan Tujuh Langkah
Untuk meningkatkan peluang keberhasilan pengembangan produk baru, banyak perusahaan mengadopsi beberapa versi dari proses tujuh langkah untuk mengembangkan barang fisik.
1. Ide produk
2. Penyaringan
3. Pengujian Konsep
4. Analisis Bisnis
5. Pengembangan Prototipe
6. Pengujian Produk dan Uji Pemasaran
7. Komersialisasi
Memperpanjang Umur Produk : Alternatif Untuk Produk Baru
Perusahaan mencoba untuk menjaga produk dalam tahap kematangan selama mungkin. Ada tiga tahapan untuk memperpanjang siklus hidup :
1. Dalam Ekstensi Produk (produk yang sudah ada dipasarkan secara global, bukan hanya di dalam negeri).
2. Adaptasi Produk (produk dimodifikasi agar lebih menarik di berbagai negara).
3. Pengenalan Kembali (menghidupkan kembali, untuk pasar baru, produk-produk yang mulai usang di pasar lama).
Menentukan Harga
Komponen utama kedua dari bauran pemasaran adalah harga, Menentukan apa yang dibayar pelanggan dan apa yang diterima penjual sebagai imbalan atas suatu produk. Menetapkan harga melibatkan pemahaman bagaimana harga berkontribusi terhadap pencapaian sasaran penjualan perusahaan.
Penetapan Harga Produk yang Ada
Suatu perusahaan mempunyai tiga pilihan untuk menentukan harga produk yang ada :
1. Menetapkan harga di atas harga pasar untuk produk sejenis guna memanfaatkan asumsi umum bahwa harga yang lebih tinggi berarti kualitas yang lebih tinggi
2. Menetapkan harga di bawah harga pasar namun menawarkan produk dengan kualitas yang sebanding dengan pesaing yang memiliki harga lebih tinggi
3. Penetapan harga pada atau mendekati harga pasar
Komentar
Posting Komentar