DISTRIBUSI DAN PROMOSI PRODUK


Nama: Nisfullaili Hidayati

nim:222010200025

dosen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M

Prodi: Manajemen

Fakultas: FBHIS

Universitas: Muammadiyah Sidoarjo

Perubahan Lanskap dari E-Commerce

Perkembangan pesat e-commerce di Inggris telah merevolusi banyak aspek dalam menjalankan bisnis. Hal ini terutama terjadi di sektor ritel Inggris. terlihat dalam kaitannya dengan sistem distribusi fisik, yang terdiri dari interaksi antara pemrosesan pesanan, pergudangan, pengendalian inventaris, dan transportasi.Sebelum tahun 1990-an, konsumen inggris yang ingin melakukan pembelian. harus mengunjungi toko fisik dan menghabiskan banyak waktu untuk memilah milah katalog dan mengantre di kasir. Saat ini, sebagian besar supermarket Inggris, seperti Tesco, Asda, dan Morrison, memungkinkan pelanggan yang ingin berberanja kebutuhan pokok untuk memesan secara daring dan barang dikirim ke rumah mereka. Hal ini semakin menjadi faktor persaingan utama di antara bisnis ritel. Terutama bagi pedagang grosir diskon seperti Aldi dan Lidi.

 STRATEGI DISTRIBUSI

Memilih jaringan distribusi yang tepat merupakan keputusan strategis; keputusan ini menentukan jumlah dan biaya jangkauan pasar yang diperoleh suatu produk, atau berapa banyak perantara yang akan digunakan. Secara umum, strategi bergantung pada jenis produk dan tingkat jangkauan pasar yang paling efektif untuk menjangkau sebanyak Mungkin pelanggan.Dalam strategi distribusi dibagi menjadi 3 bagian :

1.Distribusi intensif merupakan mendistribusikan melalui sebanyak mungkin saluran dan anggota saluran (baik grosir maupun pengecer). Distribusi intensif biasanya digunakan untuk barangbarang konsumen berbiaya rendah dengan daya tarik yang luas.

2.distribusi eksklusif, produsen memberikan hak eksklusif untuk mendistribusikan atau menjual produk ke sejumlah kecil grosir atau pengecer, biasanya di wilayah geografis tertentu. 3.distribusi selektif, produsen hanya memilih pedagang grosir dan pengecer yang akan memberikan perhatian khusus pada produk dalam upaya penjualan, keuntungan tampilan dan promosi, dan sebagainya

  PENJUALAN GROSIR.

Pedagang grosir menyediakan berbagai layanan kepada pembeli Prouk untuk dijual kembali atau penggunaan bisnis.beberapa pedagang grosir menawarkan pengiriman, kredit, dan informasi produk. Kisaran layanan Bergantung pada jenis perantara: 

1. pedagang grosir:adalah usaha independen yang menjual berbagai barang konsumen atau barang bisnis yang diproduksi oleh berbagai produsen dari produsen dan menjualnya ke bisnis lain.

2.Agen dan pialang: termasuk agen daring, bertindak sebagai perwakilan penjualan independen untuk berbagai produk perusahaan.

3. Perantara elektronik adalah anggota saluran online-grosir yang melakukan satu atau kedua fungsi berikut: Mereka mengumpulkan informasi tentang penjual dan menyajikannya kepada konsumen (seperti kayak.com) atau (2) mereka membantu mengirimkan produk online kepada pembeli (seperti Amazon).

KEWIRAUSAHAAN DAN USAHA BARU

1.Agen Belanja (e-agent) membantu konsumen daring dengan mengumpulkan dan memilah informasi. contoh :Hotwire.com adalah agen belanja terkenal untuk berbagai produk perjalanan. 

 2.Broker Bisnis-ke-Bisnis Perantara e-commerce menyediakan layanan daring yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan bisnis. contoh : perusahaan daring MediaBids.com. Sebagai broker penetapan harga untuk layanan periklanan, MediaBids menghubungkan setiap pembeli layanan periklanan dalam jumlah besar dengan pemasok potensial yang mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok bagi pelanggan industri.

Jenis-jenis Gerai Ritel Fisik 

1. Pengecer Lini Produk : Pengecer yang menawarkan lini produk yang luas meliputi department store, yang diorganisasikan ke dalam departemen khusus: sepatu, furnitur, ukuran kecil wanita, dan sebagainya. 

 2.Pengecer Murah : menyediakan berbagai macam produk dengan harga murah. 

 3 .Toko Serba Ada : Jaringan toko serba ada , seperti toko 7-Eleven dan Circle K, menekankan lokasi yang mudah diakses, jam operasional toko yang lebih panjang, dan layanan yang cepat. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KONSULTASI

DATA ANALYSIS