MAMPU MEMAHAMI DAN MENJELASKAN MENGENAI DEFINISI MANAJEMEN DAN BISNIS GLOBAL
Desember 24-2024
Nama: Nisfullaili Hidayati
nim:222010200025
dosen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M
Prodi: Manajemen
Fakultas: FBHIS
Universitas: Muammadiyah Sidoarjo
Pasar pasar utama dunia
Manajer yang terlibat dalam bisnis internasional perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang ekonomi global, termasuk pasar-pasar utama dunia. Bagian ini membahas beberapa perbedaan ekonomi mendasar di antara negara-negara berdasarkan kekayaan dan kemudian membahas beberapa pasar internasional utama di dunia.
Manajemen Bisnis Internasional
Bisnis internasional sangat menantang karena tugas manajemen dasar—perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian—jauh lebih sulit ketika perusahaan beroperasi di pasar yang tersebar di seluruh dunia. Mengelola berarti membuat keputusan. Di bagian ini, kami mengkaji tiga keputusan dasar yang harus dibuat perusahaan saat mempertimbangkan globalisasi. Keputusan pertama adalah apakah akan go internasional
menuju internasional
Seiring dengan semakin mengglobalnya ekonomi dunia, semakin banyak perusahaan yang memperluas operasi internasional mereka. Perusahaan-perusahaan Eropa berekspansi ke luar negeri, misalnya di sektor makanan, dan perusahaan-perusahaan asing seperti Kikkoman (Jepang) dan San Miguel Pure Food Company (Filipina) terus berekspansi ke pasar dunia yang semakin mengglobal. Namun, rute ini tidak cocok untuk setiap Perusahaan.
Outsourcing dan Offshoring
Pengalihdayaan,praktik membayar tunjangan tang dan distributor untuk menjalankan proses bisnis tertentu atau menyediakan bahan atau layanan yang dibutuhkan, telah menjadi pilihan populer untuk go international. Hal ini menjadi sangat populer karena
(1) membantu perusahaan fokus pada aktivitas inti dan menghindari teralihkan pada aktivitas sekunder,
(2) mengurangi biaya dengan menempatkan fungsi bisnis tertentu di area yang biaya relevannya rendah..
Hambatan Perdagangan Internasiona
1.Perbedaan Ekonomi
2.Perbedaan Hukum dan Politik
3.Kuota, Tarif, dan Subsidi
Tingkat Keterlibatan Internasional
Setelah memutuskan untuk go internasional, sebuah perusahaan harus menentukan tingkat keterlibatannya. Beberapa tingkatan yang mungkin: Sebuah perusahaan dapat bertindak sebagai eksportir atau importir, berorganisasi sebagai perusahaan internasional, atau (seperti kebanyakan perusahaan industri terbesar di dunia) beroperasi sebagai perusahaan multinasional.
Eksportir dan Importir
sebuaheksportirmembuat produk di satu negara untuk didistribusikan dan dijual di negara lain.pengimpormembeli produk di pasar luar negeri dan membawanya pulang untuk dijual kembali. Keduanya menjalankan sebagian besar bisnis mereka di negara asal. Keduanya melibatkan tingkat keterlibatan terendah dalam operasi internasional, dan keduanya merupakan cara yang baik untuk mempelajari seluk-beluk bisnis global
Komentar
Posting Komentar