MENGOLAH BISNIS

 Desember 24-2024

 Bab 4

Nama: Nisfullaili Hidayati

nim:222010200025

dosen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M

Prodi: Manajemen

Fakultas: FBHIS

Universitas: Muammadiyah Sidoarjo



Fungsi Dasar Manajemen 

Manajemen melibatkan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer memantau penggunaan sumber daya dan terlibat dalam semua aktivitas terkait. Contoh di Google menunjukkan pentingnya tujuan, organisasi yang efektif, manajemen orang, dan pemantauan kinerja dalam fungsi manajemen dasar. Setiap aspek pekerjaan manajer mewakili salah satu dari empat fungsi manajerial dasar Yaitu :

1. Planning 

2. Organizing

3. Controling

4. Leading

Bidang Manajemen 

Di setiap perusahaan besar, manajer puncak, menengah, dan lini pertama bekerja di berbagai bidang, termasuk sumber daya manusia, operasi, pemasaran, informasi, dan keuangan. Sebagian besar bidang ini sesuai dengan jenis keterampilan manajemen dasar .

Manajer Sumber Daya Manusia Sebagian besar perusahaan memilikimanajer sumber daya manusia yang merekrut dan melatih karyawan, mengevaluasi kinerja, dan menentukan kompensasi. Diperusahaan besar,departemen terpisah menangani perekrutan dan penerimaan karyawan, tingkat upah dan gaji, dan hubungan ketenagakerjaan. 


Manajer Operasional istilah operasi mengacu pada sistem yang digunakan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa. Di antara tugas lainnya,manajer operasibertanggung jawab atas produksi, inventaris, dan kontrol kualitas.


Manajer Pemasaran, pemasaran mencakup pengembangan, penetapan harga, promosi, dan distribusi barang dan jasa.Manajer pemasaran bertanggung jawab untuk mengirimkan produk dari produsen ke konsumen. Pemasaran sangat penting bagi perusahaan yang memproduksi atau menjual produk konsumen.

Manajer Informasi Menempati posisi manajerial yang cukup baru di banyak perusahaan, manajer informasimerancang dan menerapkan sistem untuk mengumpulkan, mengatur, dan  mendistribusikan informasi. 

Manajer Keuangan Hampir setiap perusahaan memilikimanajer keuanganuntuk merencanakan dan  mencakup Kepala Keuangan atau wakil presiden keuangan(atas), sebuah pengontrol divisi(tengah), dan pengawas akuntansi(manajer lini pertama)manajer Lainnya eberapa perusahaan juga mempekerjakan manajer khusus lainnya.  Misalnya, banyak perusahaan memiliki manajer hubungan masyarakat. 


Jenis Jenis Strategi


1.Strategi Perusahaan 

2.Strategi Bisnis (Kompetitif)

3.Strategi Fungsional


ketrampilan teknik

Keterampilan teknis sangat penting bagi manajer, Keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas khusus disebut keterampilan teknis, sebagai contoh Kemampuan seorang programmer untuk menulis kode pemrogramman, kemampuan seorang animator untuk menggambar. orang-orang bisa mengembangkan keterampilan teknis melalui kombinasi pendidikan dan pengalaman. 

Keterampilan Hubungan Manusia 

Keterampilan yang memungkinkan mereka untuk memahami dan bergaul dengan orang lain. Seorang manajer dengan keterampilan hubungan manusia yang buruk mungkin mengalami kesulitan untuk bergaul dengan bawahan, menyebabkan karyawan yang berharga untuk berhenti atau pindah Manajer harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Banyak manajer telah menemukan bahwa mampu memahami orang lain dan membuat orang lain memahami mereka dapat sangat membantu dalam menjaga hubungan baik dalam suatu organisasi


Keterampilan Konseptual 

Keterampilan konseptual merujuk pada kemampuan seseorang untuk berpikir secara abstrak, mendiagnosis dan menganalisis berbagai situasi, dan melihat melampaui situasi saat ini.keterampilan konseptual dibutuhkan dalam hampir semua aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Dalam banyak hal, keterampilan konseptual mungkin merupakan unsur terpenting dalam keberhasilan semua bisnis karena Keterampilan konseptual dapat membantu manajer mengenali peluang dan ancaman pasar baru. Keterampilan ini juga dapat membantu manajer menganalisis kemungkinan hasil dari sebuah keputusan.

Keterampilan Pengambilan Keputusan hu

Keterampilan untuk membuat keputusan yang mencakup kemampuan untuk mendefinisikan masalah secara efektif dan memilih tindakan terbaik. Keterampilan ini melibatkan pengumpulan fakta, mengidentifikasi solusi, mengevaluasi alternatif, dan menerapkan alternatif yang dipilih, Keterampilan ini memungkinkan beberapa manajer untuk mengidentifikasi strategi yang efektif bagi perusahaan mereka

Keterampilan Manajemen Global ji

Para manajer masa depan harus membekali diri mereka dengan peralatan, teknik, dan keterampilan khusus yang dibutuhkan untuk bersaing dalam lingkungan global keterampilan manajemen global Mereka perlu memahami pasar asing, perbedaan budaya, serta motif dan praktik pesaing asing. Mereka juga perlu memahami cara berkolaborasi dengan pihak lain di seluruh dunia secara real-time







Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISTRIBUSI DAN PROMOSI PRODUK

PROPOSAL KONSULTASI

DATA ANALYSIS