PERILAKU DAN MOTIVASI KARYAWAN

nama: Nisfullaili Hidayati

nim:222010200025

dosen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M

Prodi: Manajemen

Fakultas: FBHIS

Universitas: Muammadiyah Sidoarjo



BENTUK-BENTUK PERILAKU KARYAWAN

 Perilaku karyawan adalah pola tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi efektivitas organisasi. 

Perilaku kinerja : keseluruhan perilaku terkait pekerjaan yang diharapkan organisasi untuk ditunjukkan oleh karyawan.

Kewarganegaraan organisasi : perilaku individu yang memberikan kontribusi positif bagi organisasi di luar kinerja pekerjaan yang ketat.

Perilaku Kontraproduktif : hal-hal yang mengurangi, bukannya menambah, kinerja organisasi.

II. Perbedaan Individu Diantara Karyawan 

 Perbedaan individu adalah atribut pribadi yang berbeda dari satu orang ke orang lain. Perbedaan individu dapat bersifat fisik, psikologis, dan emosional. Perbedaan individu yang menjadi ciri khas orang tertentu menjadikan orang tersebut unik. 


a. Kepribadian di Tempat Kerja 

 Kepribadian adalah serangkaian atribut psikologis yang relatif stabil yang membedakan satu orang dengan yang lain. Para peneliti telah mengidentifikasi lima sifat dasar yang sangat relevan dengan organisasi. Sifat-sifat ini umumnya disebut “lima ciri kepribadian besar

b. Kerangka kerja Myres-Briggs 

Kerangka kerja ini, yang didasarkan pada karya klasik Carl Jung, membedakan orang berdasarkan empat dimensi umum. 

Dimensi-dimensi ini didefinisikan sebagai berikut:

1.Ekstroversi versus introversi

2.Penginderaan versus intuisi

3.Berfikir versus perasaan

4.Menilai versus mempersepsi 

c. Kecerdasaan Emosional 

Kecerdasan emosional mengacu pada sejauh mana Orang-orang sadar diri, dapat mengelola emosinya, dapat memotivasi diri sendiri, mengekspresikan empati terhadap orang lain, dan memiliki keterampilan sosial. 

Dimensi-dimensi ini didefinisikan sebagai berikut:

 1.Kesadaran diri

2.Mengelola emosi

3.Memotivasi diri sendiri

4 empati 

Ciri – ciri kepribadian ditempat kerja 

1. Tempat kendali : sejauh mana orang percaya bahwa perilaku mereka memiliki efek nyata terhadap apa yang terjadi pada mereka

2. Kemampuan diri : keyakinan seseorang tentang kemampuannya untuk melakukan suatu tugas. Orang dengan efikasi diri yang tinggi percaya bahwa mereka dapat melakukan tugas tertentu dengan baik, sedangkan orang dengan efikasi diri yang rendah cenderung meragukan kemampuan mereka untuk melakukan tugas tertentu. 

3. Otoritarianisme : sejauh mana seseorang percaya bahwa perbedaan kekuasaan dan status adalah hal yang tepat dalam sistem sosial hierarkis seperti organisasi 

4. Machiavellianisme : digunakan untuk menggambarkan perilaku yang diarahkan untuk mendapatkan kekuasaan dan mengendalikan perilaku orang lain. 

5. Harga diri : sejauh mana seseorang percaya bahwa perbedaan kekuasaan dan status adalah hal yang tepat dalam sistem sosial hierarkis seperti organisasi

6. Kecenderungan mengambil resiko : tingkat di mana seseorang bersedia mengambil risiko dan membuat keputusan berisiko

. Sikap di Tempat kerja 

 Sikap dibentuk oleh berbagai kekuatan, termasuk nilai-nilai pribadi kita, pengalaman kita, dan kepribadian kita. Sikap biasanya dipandang sebagai kecenderungan yang stabil untuk berperilaku terhadap objek dengan cara tertentu. Karena sejumlah alasan, seseorang mungkin memutuskan bahwa ia tidak menyukai tokoh politik tertentu atau restoran tertentu (kecenderungan). Tiga komponen sikap, yaitu : 

1.Kognisi

2.Afek

3.Niat 


strategi dan Teknik Untuk Meningkatkan Motivasi

1. Penguatan/Modifikasi perilaku 

 Mereka mencoba membentuk perilaku karyawan dengan menghubungkan penguatan positif dengan perilaku yang diinginkan dan hukuman dengan perilaku yang tidak diinginkan.

2. Menggunakan Tujuan untuk Memotivasi Perilaku 

 Manajemen Berdasarkan Tujuan (MBO) serangkaian prosedur yang melibatkan manajer dan bawahan dalam menetapkan tujuan dan mengevaluasi kemajuan 

3. Manajemen Partisipatif dan pemberdayaan 

Manajemen Partisipatif dan Pemberdayaan adalah metode untuk meningkatkan kepuasan kerja dengan memberikan karyawan suara dalam pengelolaan pekerjaan mereka dan perusahaan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISTRIBUSI DAN PROMOSI PRODUK

PROPOSAL KONSULTASI

DATA ANALYSIS