AFFILIATE MARKETING

BAB 13

Nama: Nisfullaili Hidayati

Nim: 222010200025

Dosen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M

Prodi: Manajemen

Fakultas: FBHIS

Universitas: Muammadiyah Sidoarjo


AFFILIATE MARKETING



Pemasaran afiliasi digunakan secara luas untuk mempromosikan situs web, dan afiliasi diberi imbalan untuk setiap pengunjung, pelanggan, atau pelanggan yang diberikan melalui upaya mereka. Karena,itu afiliasi terkadang dipandang sebagai penjualan yang diperluas kekuatan untuk sebuah situs web. Afiliasi dibayar berdasarkan kinerja, sehingga pemasaran afiliasi juga disebut sebagai pemasaran kinerja.Cybererotica mungkin adalah perusahaan pertama yang menjalankan kampanye afiliasi dengan program CPC-nya, di mana ia akan memberi penghargaan kepada perujuk untuk setiap klik￾tayang ke situs webnya.


TINDAKAN

Pemasaran afiliasi dapat digunakan untuk mempromosikan semua jenis situs web – hanya perlu ada tindakan yang disepakati sehingga menghasilkan komisi penghasilan afiliasiTindakan dan jenis komisi dapat diringkas sebagai:

  1. Biaya per Tindakan (CPA) – komisi tetap untuk tindakan tertentu
  2. Biaya per Prospek (CPL) – komisi tetap untuk sebuah prospek (yaitu potensi
  3. Bagi hasil (juga CPS atau Biaya Per Penjualan) – persentase yang disepakati dari jumlah pembelian diberikan
  4. Biaya per Klik (BPK) – ini merupakan bagian yang sangat kecil dari bauran pemasaran afiliasi,
  5. dan pedagang membayar jumlah tetap untuk setiap klik-tayang ke situs web mereka.
contoh masing-masing dari tiga tindakan pertama di atas:
  1. BPA  sini tindakannya dapat berupa apa saja, mulai dari mengunduh buku putih atau perangkat lunak hingga mendaftar ke buletin.
  2. CPL Merchant yang menawarkan komisi CPL biasanya adalah mereka yang perlu mengubah prospek menjadi penjualan offline. Artinya, mereka umumnya harus menyelesaikan transaksi melalui telepondengan pelanggan, atau prosesnya cukup rumit. Biasanya perusahaan asuransi dan lembaga perbankan menawarkan komisi jenis ini. Situs keanggotaan yang menawarkan masa uji coba gratis, seperti persewaan DVD online, juga dapat menggunakan struktur komisi.


BAGI HASIL
Bagi hasil adalah struktur komisi yang ideal karena pedagang dan afiliasi diberi imbalan atas
kinerjanya – semakin banyak penjualan, semakin banyak pendapatan yang dihasilkan untuk pedagang,dan semakin banyak komisi untuk afiliasi
.
Pedagang cenderung menyusun penawaran komisi mereka sehingga afiliasi yang berkinerja lebih
baik, memperoleh komisi lebih tinggi. Misalnya, pedagang mungkin menawarkan tingkatan komisi
berikut:
  • 1 – 10 penjualan: komisi 10%.
  • 11 – 25 penjualan: komisi 11%.
  • 26 – 50 penjualan: komisi 12%.
  • 51 penjualan atau lebih: komisi 15%.
BPK

Komisi BPK jarang digunakan, dan pada dasarnya merupakan cara untuk mengarahkan lalu lintas
dalam jumlah besar, biasanya ke situs baru. Seorang afiliasi akan diberikan komisi untuk setiap klik￾tayang ke situs web pedagang

Pelacakan (jalur kehidupan
pemasaran afiliasi)

Kunci pemasaran afiliasi adalah kemampuan melacak seluruh proses mulai dari
pelanggan potensial yang dikirim ke situs web hingga tindakan yang selesai.

tautan untuk membeli hadiah dari pedagang (menggunakan URL yang sama seperti
sebelumnya sebagai contoh), informasi berikut akan dikumpulkan:

  • Referensi URL dan afiliasi
  • Jumlah total penjualan untuk komisi
  • Tanggal dan waktu penjualan
  • Nomor pesanan penjualan yang unik
Perangkat lunak pelacakan afiliasi mengumpulkan informasi meskipun tidak ada tindakan yang diselesaikan.Hal ini penting bagi afiliasi dan pedagang untuk melihat di mana mereka dapat mengoptimalkan kampanye mereka.

afiliasi yang memasang iklan PPC akan mendapat komisi untuk penjualan tersebut.

  • Cookie mendapatkan reputasi buruk Konsumen terkadang merasa cemas ketika mereka mendengar hal-hal seperti “melacak” dan“mengumpulkan informasi”, sehingga mereka menghapus cookie dari komputer mereka. Jika ini terjadi,maka penjualan tidak akan pernah dikaitkan dengan afiliasi. Namun, praktik ini tampaknya tidak berdampak drastis pada jumlah orang, dan sebagian besar lainnya
  • Bentrok kue Pedagang sering kali menggunakan semacam pelacakan sehingga mereka dapat mengoptimalkan upaya pemasaran mereka dengan lebih baik. Atau, pedagang mungkin membuat semacam perubahan teknis pada situs webnya
  • Menempatkan pesanan dengan metode lain
  • Jika pelanggan menyelesaikan tindakan, namun tidak melakukannya secara online, afiliasi tidak akan menerima komisi. Jadi, jika pelanggan mengunjungi pengecer online melalui tautan afiliasi, tetapi memesan melalui telepon, afiliasi tersebut akan ketinggalan.
Bagaimana Afiliasi Mempromosikan Merchant?

Afiliasi adalah pemasar digital yang dibayar berdasarkan kinerja. Setiap jenis strategi pemasaran akan ditemukan di dunia afiliasi, dan afiliasi sering kali terlihat di garis depan dalam terobosan teknologi dan menerapkannya pada strategi pemasaran.

Tujuan dasar afiliasi adalah mengirimkan lalu lintas bertarget (artinya pelanggan yang kemungkinan
besar akan melakukan tindakan yang diinginkan) ke situs web pedagang tertentu.

Jenis utama afiliasi dapat dibagi menjadi
  1. Situs web pribadi
  2. Konten dan situs niche
  3. Daftar email
  4. Situs loyalitas (poin atau uang kembali atau sumbangan amal)
  5. Situs kupon dan promosi
  6. Perbandingan belanja (lihat juga iklan PPC)
  7. Afiliasi pencarian (arbitrase pencarian)
 Jaringan Afiliasi
Jaringan afiliasi menyediakan solusi pelacakan, pelaporan program kepada afiliasi dan pedagang,
hosting spanduk kreatif, opsi pembayaran komisi, dan dukungan untuk afiliasi dan pedagang.
Jaringan afiliasi memiliki banyak afiliasi, dan banyak pedagang, yang mendaftar ke sana, sehingga
mereka merupakan sumber ideal untuk merekrut afiliasi jika Anda seorang pedagang, atau untuk
menemukan pedagang untuk dipromosikan jika Anda seorang afiliasi.

Beberapa jaringan afiliasi terkemuka adalah:
  1. Persimpangan Komisi 
  2. LinkShare 
  3. Jendela Afiliasi
  4. TradeDoubler

alat perdagangan

Pemasaran afiliasi saat ini merupakan bagian mendasar dari sebagian besar strategi pengecer
online Setiap pengecer harus memiliki umpan produk, baik XML atau CSV. Umpan produk pada dasarnya  adalah cara memberikan informasi tentang produk di situs web pedagang dengan cara yang memecah informasi dengan mudah, dan terstandarisasi. Umpan produk mungkin berisi informasi berikut untuk setiap produk:


  • Nama Produk
  • URL Produk
  • Gambar produk
  • Harga produk
  • Keterangan
  • Harga pengiriman
  • Status stok: tersedia / habis

Sebagai permulaan, pemasaran afiliasi memungkinkan pedagang menambahkan elemen
ke pemasaran digital mereka dengan CPA tetap. Misalnya, seorang pedagang mungkin
ingin mempromosikan produknya melalui iklan PPC, namun tidak memiliki keahlian. Program Afiliasi TripAdvisor menyediakan platform bagi pengiklan untuk menampilkan produk mereka kepada komunitas global. Bisnis juga mendapat kesempatan untuk mendapatkan komisi 50% dari penjualan mereka. Program insentif yang ditawarkan TripAdvisor juga meningkatkan Program Afiliasi untuk sebuah bisnis. Selain itu, tautan ke lebih dari 500.000 halaman kota dan hotel meningkatkan jangkauan jaringan. Belum lagi, penautan dan penawaran materi iklan dalam bentuk tautan teks, materiiklan gambar dan video memberikan beragam pilihan untuk tujuan periklanan. Tautan ini juga dapat ditargetkan ke lokasi geografis tertentu, yang memberikan keuntungan tambahan bagi pedagang.
Pedagang juga memiliki akses ke statistik real-time 24/7 pada iklan mereka melalui Commission Junction
dan informasi pendapatan yang diperoleh diperbarui setiap hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISTRIBUSI DAN PROMOSI PRODUK

PROPOSAL KONSULTASI

DATA ANALYSIS