SOCIAL MEDIA STRATEGY


Bab 7


Nama: Nisfullaili Hidayati

Nim:222010200025

osen Pengampuh : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M

Prodi: Manajemen

Fakultas: FBHIS

Universitas: Muammadiyah Sidoarjo

1.Strategi Media Sosial


Saluran media sosial merupakan saluran komunikasi yang dapat digunakan untuk memecahkan tantangan bisnis, pemasaran dan komunikasi. Karena semakin banyak waktu yang dihabiskan konsumen secara online, dan waktu tersebut semakin didominasi oleh penggunaan media sosial, organisasi perlu memasukkan media sosial ke dalam strategi pemasaran mereka.

1.Pengelolaan Masyarakat
Platform media sosial dibangun berdasarkan komunitas, dan terkadang merupakan representasi virtual dari jaringan dan komunitas dunia nyata. Fitur media sosial yang sama dapat digunakan untuk membangun dan memelihara komunitas di sekitar, atau didukung oleh, organisasi Anda.

2.Dukungan dan Layanan Pelanggan
Media sosial menjadi saluran layanan pelanggan tambahan. Seiring dengan semakin nyamannya konsumen bertransaksi online, terdapat harapan bahwa bisnis tempat mereka bertransaksi juga akan menanggapi pertanyaan pelanggan di ruang sosial.

3.Manajemen Reputasi

Manajemen reputasi online (ORM) berkembang baik sebagai merek maupun individu menyadari bahwa kombinasi pencarian dan media sosial berarti segalanya penyebutan suatu merek atau individu hanya tinggal mencari dengan cepat, baik positif maupun negatif. Media sosial adalah salah satu ruang di mana merek atau individu dapat dengan mudah dan cepat merespons sebutan atau menemukan cara untuk memajukan agenda mereka sendiri.

4.Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Media sosial memainkan peran penting dalam SEO. Media sosial menyediakan aset tambahan yang dapat dioptimalkan sehingga suatu merek dapat “memiliki” halaman hasil pencarian merek mereka. Strategi SEO yang cerdas juga akan memanfaatkan aset media sosial, link, dan suka untuk memperkuat posisi aset web lain di halaman hasil mesin pencari.

6.Komunikasi dan Penjangkauan

media sosial menawarkan saluran komunikasi dua arah yang efektif dan saluran siaran real-time kepada merek. Komunikasi dua arah inilah yang membuat komunitas sosial begitu menarik (dan menantang).dan mengirimkan pesan kepada bisnis dan merek, bisnis dan merek juga dapat menggunakan media ini untuk berkomunikasi dan menjangkau masyarakat.



       Periklanan dan Kesadaran



Iklan dapat ditargetkan berdasarkan informasi profil yang diberikan individu, baik secara terang-terangan atau melalui tindakan mereka di jaringan media sosial. Beberapa peluang periklanan 
  1.  Facebook menawarkan dua solusi periklanan berbayar: Unit Ruang Iklan (ASU) yang dapat dibeli berdasarkan biaya per seribu tayangan (CPM) atau biaya per klik (BPK) BPK, atau Iklan Keterlibatan Facebook yang dibeli berdasarkan CPM dengan ambang pembelanjaan minimum.www.facebook.com/advertising
  2. Tweet, Tren, atau Akun yang Dipromosikan membantu menempatkan pesan pengiklan dibagian atas hasil pencarian, tren, atau mengikuti saran untuk jangka waktu tertentu. http://business.twitter.com/advertise/start.
  3. YouTube, yang dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa studio film untuk mempromosikan rilis mendatang. Iklan yang dikelola sendiri oleh YouTube membuat platform ini sangat mudah diakses, dan merupakan cara terbaik untuk mempromosikan konten video.www.youtube.com/t/advertising_overview.
  4.  LinkedIn mana yang melihat iklan Anda dengan memilih audiens target: jabatan, fungsi pekerjaan, industri, geografi, usia, jenis kelamin, nama perusahaan, ukuran perusahaan, atau Grup LinkedIn.www.linkedin.com/advertising.


      Risiko dan Tantangan Media Sosial

1. Tidak ada yang peduli. Terutama ketika membangun komunitas dari awal, pada awalnya mungkin sulit untuk mendapatkan daya tarik yang Anda inginkan. 
 2. Ruang media sosial digunakan oleh pelanggan yang tidak puas (yang bebas mengirimkan komentar yang merugikan). Sekalipun masukan yang Anda terima hanyalah negatif, ini adalah masukan yang bagus! 
 3. Sulit untuk mengukur dampak kampanye. Media sosial mungkin sulit diukur, namun bukan berarti kampanye Anda tidak berhasil.


           Dokumen dan Proses
1. Pedoman Komunitas Pedoman komunitas membantu menentukan sikap komunitas, dan berguna sebagai referensi jika anggota komunitas berperilaku tidak diinginkan. Tentu saja, pedoman komunitas tidak mencegah perilaku tersebut, namun berguna untuk digunakan kembali jika Anda perlu menghapus komentar atau anggota komunitas.
 2. Protokol eskalasi Protokol eskalasi yang ditetapkan membantu memastikan bahwa semua pihak mengetahui prosedur penanganan pesan-pesan sosial, dan dapat memberikan tanggapan yang sesuai. Hal ini terutama diperlukan untuk organisasi besar di mana beberapa orang mungkin berinteraksi di media sosial atas nama sebuah merek, atau di mana beberapa departemen atau lembaga mempunyai kepentingan dalam kehadiran media sosial organisasi tersebut












Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISTRIBUSI DAN PROMOSI PRODUK

PROPOSAL KONSULTASI

DATA ANALYSIS